HUT Ke-77 Republik Indonesia
Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dari Bapak Drs. Sukarji, M.Pd kepada Ibu Umi Kulsum, S.Pd

Classmeet “Culture Memories” Tahun 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 11:22:21 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

Keseruan Classmeet “Culture Memories” Juni 2022

(Penulis: Naura Athaya Sharif)

 

Salam Budaya, Sobat Esplas! Yuk, simak keseruan Classmeet Culture Memories di SMPN 14 Kota Malang. Classmeet adalah ajang pengasahan kreativitas siswa antar kelas yang biasanya diselenggarakan selepas Penilaian Akhir Tahun (PAT). Classmeet tahun ini mengusung tema “Culture Memories” yang bermakna melestarikan kebudayaan Nusantara. Classmeet Culture Memories dilaksanakan pada 9-20 Juni 2022. Yang dilombakan pada Classmeet Culture Memories terdiri dari lomba E-sports Mobile Legends, lomba futsal, lomba tarik tambang, lomba bentengan, lomba boi-boian, lomba cerdas cermat, dan lomba yel-yel.

Berhubung kegiatan siswa kelas 9 telah usai, peserta yang mengikuti Classmeet Culture Memories adalah siswa kelas 7 dan kelas 8. Semua siswa wajib berpatisipasi dalam Classmeet Culture Memories ini. Dalam pelaksanaan Classmeet Culture Memories, siswa kelas 7 dan 8 tidak diperbolehkan berkegiatan di dalam kelas. Sebagai gantinya, siswa kelas 7 dan 8 boleh menyaksikan lomba Classmeet Culture Memories yang dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pelaksanaan lomba futsal dilaksanakan di lapangan dalam sekolah. Satu regu berisi 5 pemain, 5 cadangan, dan 1 official. Siswa kelas 7 dan 8 bisa menyemangati teman sekelasnya yang bertanding di lomba futsal dengan sorak-sorai maupun yel-yel kelas. Wasit lomba futsal adalah Pak Hafid. Papan skor sendiri dijaga oleh panitia lomba futsal: Keysa, Neva, Chantyka, Bilqis, dan Nathan. Pemain yang bertanding menggunakan setelan baju olahraga sekolah. Juara 1 lomba futsal diraih oleh kelas 8.4, juara 2 lomba futsal diraih kelas 8.2, dan juara 3 lomba futsal diraih oleh kelas 8.8.

Bertolakbelakang dengan lomba futsal yang benar-benar ramai, lomba E-sports dilaksanakan secara tertutup di kelas 9.1 dan 9.2. Satu tim lomba E-sports terdiri dari 5 pemain utama dan 2 cadangan. Yang diperkenankan masuk kelas adalah anggota tim yang bertanding. Pengawas lomba E-sports di kelas 9.1 adalah Rakha. Sedangkan pengawas lomba E-sports di kelas 9.2 adalah Berky. Juara 1 lomba E-sports dimenangkan oleh kelas 8.5, juara 2 lomba E-sports dimenangkan oleh kelas 8.1, dan juara 3 lomba berhasil dimenangkan oleh kelas 8.8.

 

Lomba boi-boian dan bentengan dilaksanakan di halaman depan Musala SMPN 14 Kota Malang. Halaman depan Musala SMPN 14 Kota Malang dibagi menjadi 2, sisi dekat tribun untuk lomba bentengan, sedangkan sisi dekat parkiran sepeda digunakan untuk lomba boi-boian. Dalam lomba boi-boian, setiap pemain diwajibkan membawa sandal sebagai gacoan. Pemain yang bertanding juga menggunakan setelan baju olahraga sekolah. Juara 1 lomba boi-boian berhasil digapai oleh kelas 8.4, juara 2 kelas 8.2 dan juara 3 kelas 8.5. Lomba bentengan keluar sebagai juara 1 kelas 8.4 dan juara 2 kelas 8.2.

Tidak hanya lomba futsal yang ramai penonton, siswa kelas 7 dan 8 juga merapatkan diri untuk menyaksikan lomba tarik tambang. Lomba tarik tambang dilaksanakan tidak jauh dari lomba bentengan dan boi-boian. Panitia lomba tarik tambang tentunya telah menyiapkan tepung untuk dibalurkan ke tangan peserta sebelum lomba dimulai. Hal ini dilakukan agar tangan peserta tidak licin. Juara 1 lomba tarik tambang kategori kelas 7 adalah kelas 7.5. Sedangkan juara 1 lomba tarik tambang kategori kelas 8 adalah kelas 8.2.

Tidak ketinggalan, ada juga lomba cerdas cermat yang soalnya bermateri Kebudayaan Nusantata. Pelaksanaan lomba cerdas cermat kelas 7 dilaksanakan di Musala SMPN 14 Kota Malang. Sedangkan pelaksanaan lomba cerdas cermat kelas 8 dilaksanakan di Kelas 9.3. Setelah semua match berhasil dilalui, Kelas 7.1 menjadi juara 1 lomba cerdas cermat kategori kelas 7. Untuk juara 1 lomba cerdas cermat kategori kelas 8 diraih oleh kelas 8.8.

Lomba yang paling dinantikan oleh seluruh siswa SMPN 14 Kota Malang juga akhirnya terselenggara, yakni lomba yel-yel. Lomba yel-yel sendiri membina persatuan dan kekompakan siswa sekelas. Lokasi lomba yel-yel diselenggarakan di tribun SMPN 14 Kota Malang. Tentunya siswa lainnya juga bisa ikut menyaksikan. Juri lomba yel-yel adalah Bu Asri dan Bu Titin. Juara 1 lomba yel-yel berhasil diraih oleh Kelas 8.2, juara 2 berhasil diraih oleh Kelas 8.7, dan juara 3 berhasil diraih oleh Kelas 7.5.

Pembagian hadiah Classmeet Culture Memories diselenggarakan di Apel Penutupan Tahun Ajaran 2021/2022 pada Selasa, 21 Juni 2022. Tidak hanya hadiah Classmeet Culture Memories yang diberikan, namun ada juga pembagian hadiah apresiasi batch 2 untuk Peminjam Terbanyak di Perpus Esplas yang dibagi menjadi kategori kelas 7, 8, dan 9. Peminjam Terbanyak di Perpus Esplas Kategori Kelas 7 diraih oleh Adinda Humairo (Kelas 7.2), Marsya Zahratus Sita (Kelas 7.3), dan Thalita Agustini (Kelas 7.6). Peminjam Terbanyak di Perpus Esplas Kategori Kelas 8 berhasil diraih oleh Anisa Okta Siti Kirani (Kelas 8.4), Meyfanda Kurniasari (Kelas 8.6), dan Siti Yuli Amel Liya (Kelas 8.6). Peminjam Terbanyak di Perpus Esplas Kategori Kelas 9 berhasil diraih oleh Yulia Safitri (Kelas 9.8), Rency Aurelya (Kelas 9.4), dan Rina Handhayati (Kelas 9.4). Ada juga kategori baru: Kelas Teraktif Meminjam Buku jatuh kepada Kelas 8.6 dan Kelas Si Paling Berkunjung Perpus Esplas jatuh kepada Kelas 7.2. Semoga, ke depannya, SMPN 14 Kota Malang bisa terus berinovasi dalam mengadakan kegiatan sekolah yang komunikatif dan edukatif. Aamiin. (NAS)

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Bagikan Artikel Ini Di

Berita "Berita Terkini" Lainnya