Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dari Bapak Drs. Sukarji, M.Pd kepada Ibu Umi Kulsum, S.Pd

Juara 1 Lomba Poster dan Harapan 1 Lomba Cipta-Baca Puisi pada Pekan Seni Pelajar se-Kota Malang

Selasa, 14 Juni 2022 09:50:52 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

SMPN 14 Kota Malang Juara 1 Lomba Poster dan Harapan 1 Lomba Cipta-Baca Puisi pada Pekan Seni Pelajar se-Kota Malang 2022

(Penulis: Naura Athaya Sharif)

 

 

Pekan Seni Pelajar Tingkat SMP se-Kota Malang adalah sebuah kegiatan melestarikan seni yang dikemas dalam bentuk lomba yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Kota Malang. Pekan Seni Pelajar tahun 2022 dilaksanakan pada Kamis, 9 Juni 2022. Lomba tersebut diadakan di SMPN 4 Kota Malang. Tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut, SMPN 14 pun turut berpartisipasi dalam Pekan Seni Pelajar Tingkat SMP se-Kota Malang.

Cabang lomba di Pekan Seni Pelajar Tingkat SMP se-Kota Malang meliputi lomba qasidah, lomba tari tradisional, lomba paduan suara, lomba teater, lomba musik tradisi, serta lomba cipta dan baca puisi. SMPN 14 Kota Malang mengirimkan Elfya Icha Angelina, Indira Putri Rahayu, dan Nabila Oktaviani Shafira untuk mengikuti lomba membuat poster. Sedangkan untuk lomba cipta dan baca puisi diwakili oleh Fahri Arinza Rahman, Naura Athaya Sharif, dan Sabrina Senja Saffara. Perwakilan dari SMPN 14 Kota Malang telah melalui seleksi tingkat sekolah dan telah mendapat bimbingan pembekalan lomba dari bapak-ibu guru pendamping. Kontingen SMPN 14 Kota Malang didampingi Pak Kresna, Bu Umi Laila, Bu Umi Latifah, dan Pak Mahendra

Pekan Seni Pelajar Tingkat SMP se-Kota Malang dimulai pada pukul 08.00. Untuk lomba poster, pengerjaan berdurasi 4 jam hingga pukul 12.00 WIB. Tema yang digunakan dalam lomba poster ialah meraih masa depan, generasi muda penerus bangsa: tekun, cerdas, disiplin, berdedikasi, santun, dan bermartabat untuk membangun NKRI ke depan.

Sedangkan, pada lomba cipta dan baca puisi, panitia mulai membagikan nomor peserta dan absensi. Kemudian, peserta diminta membuat puisi bertemakan “Menghargai Perbedaan” dalam waktu berdurasi 1 jam dari pukul 08.30 hingga 09.30 WIB. Panitia sendiri telah membagikan dua lembar kertas folio dan satu lembar kertas buram. Peserta juga diminta mengumpulkan handphone masing-masing di meja panitia.

Setelah waktu pembuatan puisi berakhir, peserta pun mengumpulkan dua lembar kertas folio dan kertas buram yang telah berisi puisi mereka. Dari 41 peserta yang telah mengumpulkan puisi masing-masing, akan diambil 20 besar karya puisi peserta sekaligus berhak membacakan karyanya. Waktu penilaian dilaksanakan selama 30 menit dari pukul 09.30 sampai 10.00 WIB. Selama waktu penilaian, peserta diperbolehkan jalan-jalan melihat lomba lain ataupun tetap di ruangan dengan syarat pada pukul 10.00 WIB telah berkumpul kembali di ruangan tadi.

“Kalian semua anak-anak hebat, karena kalian sudah berani mencoba dan berjuang di sini. Tetap berkarya ya, Nak,” ucap Panitia Lomba Cipta dan Baca Puisi.

Peserta yang belum berhasil masuk 20 besar meninggalkan ruangan. Sedangkan peserta yang masuk 20 besar, satu per satu peserta maju membawakan puisi karya mereka di hadapan juri dan peserta lomba cipta dan baca puisi lainnya.

Penampilan semua peserta akhirnya selesai pada pukul 12.00 WIB. Juri pun memulai prosesi penilaian dan penentuan juara-juaranya. Peserta lomba cipta dan baca puisi pun ke luar dari ruangan, menikmati waktu istirahat sembari menunggu pengumuman pemenang.

 

Usaha membuahkan hasil. Alhamdulillah, Nabila Oktaviani Shafira berhasil meraih Juara 1 lomba membuat poster yang akan maju mewakili Kota Malang ke Pekan Seni Pelajar tingkat SMP se-Provinsi Jawa Timur. Naura Athaya Sharif berhasil mendapatkan Harapan 1 lomba cipta dan baca puisi. Penyerahan piala dilakukan di Aula SMPN 4 Kota Malang. Semoga ke depannya, SMPN 14 Kota Malang terus menorehkan prestasi membanggakan.

 

kirim ke teman | versi cetak

Bagikan Artikel Ini Di

Berita "Berita Terkini" Lainnya