Latepost Dirgahayu Republik Indonesiaku

Literasi Keuangan bersama Bank CIMB Niaga

Selasa, 14 September 2021 10:31:51 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

Serunya Kegiatan Literasi Keuangan bersama Bank CIMB Niaga di SMPN 14 Kota Malang

(Penulis: Naura Athaya Sharif)

 

 

Kegiatan Literasi Keuangan ini terselenggara atas kerjasama antara SMPN 14 Kota Malang dengan Bank CIMB Niaga. Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa-siswi SMPN 14 Kota Malang yang merupakan perwakilan siswa dari masing-masing kelas 7 dan kelas 8. Kegiatan dilaksanakan secara virtual yaitu dengan mengakses website amdcimbniaga.co.id dan untuk masuk ke website tersebut menggunakan username dan password yang telah dibagikan kepada peserta melalui grup WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya.

Hari yang ditunggu tiba, Senin, tanggal 6 September 2021 tepatnya pukul 13.00 WIB seluruh peserta Kegiatan Literasi Keuangan bersiap masuk ke website secara bersama, adapun tahapan kegiatan dengan urutan berikut:

1. Masukkan username dan password

2. Melengkapi data diri

3. Menjawab pre-test

4. Menyaksikan slide-show literasi keuangan

5. Menyaksikan video digital banking

6. Menjawab post-test

7. Menjawab quiz

8. Menyaksikan video pencegahan Covid-19

9. Mengisi survei peserta

 

Kegiatan ini seru sekali, materi disajikan dengan sangat menarik, melalui infografis yang mudah dimengerti, penyajian videonya juga tidak membosankan, pengerjaan test-nya juga seperti bermain games. Nah, apabila skor hasil test akhir kurang memuaskan peserta bisa mengulanginya dari awal, dan akses website bisa digunakan berulang kali selama 24 jam, jadi karena mulai dibuka pukul 13.00 WIB pada hari Senin maka akses ke website berakhir di hari Selasa pukul 12.59 WIB.

Dari kegiatan ini kita jadi tahu tentang seluk beluk perbankan dan literasi terkait keuangan, seperti ciri dan karakteristik perbankan, produk dan jasa layanan perbankan, layanan perbankan digital, industri jasa keuangan dan fungsi OJK, perbedaan bank konvensional dan bank syariah, perbedaan antara tabungan, giro dan deposito, bahkan wawasan tentang manfaat apa saja jika kita menabung di bank.

Selain wawasan yang kita dapatkan, ternyata ada satu lagi benefit yang diberikan oleh Bank CIMB Niaga bagi para peserta, yaitu mendapatkan tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) dengan saldo rekening tabungan Rp100.000,00 dengan syarat skor hasil test akhir harus lebih dari 50 poin. Peserta juga diharapkan mengirimkan dokumentasi (berupa foto selfie) ketika sedang mengakses website.

 

Peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan tabungan “Simpel”, orang tuanya diundang ke sekolah pada hari Rabu dan Kamis, 8 dan 9 September 2021 untuk pembukaan rekening tabungan Simpel dengan membawa berkas persyaratan pembukaan rekening Bank CIMB Niaga.

Melalui Kegiatan Literasi Keuangan yang masuk dalam Program Community Link CIMB Niaga, pihak sekolah berharap peserta dapat menambah ilmu dan wawasan terkait perbankan dan keuangan, lebih bagus lagi ilmu dan wawasan yang didapat disebarluaskan ke keluarga, teman, saudara, maupun kerabat agar ilmu yang didapat bermanfaat. Semoga ke depan masih ada lagi kegiatan-kegiatan positif yang dapat diselenggarakan sekolah dengan Bank CIMB Niaga.