Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dari Bapak Drs. Sukarji, M.Pd kepada Ibu Umi Kulsum, S.Pd

Ramadhan Mubarak 1443 H

Senin, 25 April 2022 11:04:32 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

 

Ramadhan Mubarak di SMPN 14 Kota Malang

(Penulis: Naura Athaya Sharif)

 

 

Ramadhan mubarak di SMPN 14 Kota Malang menyelenggarakan Kegiatan Ramadhan berupa Pondok Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Qur’an. Sekolah mengadakan beberapa agenda pada Peringatan Nuzul Qur’an seperti Khotmil Qur’an, Lomba Menghias Parsel, Penyerahan dan Pembagian Zakat Fitrah beserta Infaq, serta Pembagian Takjil Gratis dan Buka Bersama. Puncak Kegiatan Ramadhan dilaksanakan pada Jumat, 22 April 2022. Pada awal Ramadhan telah dilaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi siswa kelas 7 dan kelas 8 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

 

Pada Jumat pagi (22/4/2022) dilaksanakanlah Khotmil Qur’an. Setiap siswa SMPN 14 Kota Malang diwajibkan memiliki wudu dari rumah dan membawa Al-Qur’an. Setiap siswa muslim membaca Al-Qur’an secara tadarus di dalam kelas masing-masing. Setiap kelas  memiliki jatah sebanyak 1 juz yang harus selesai dalam satu jam. Setiap kelas didampingi oleh guru mata pelajaran saat itu juga.

 

Setelah jam istirahat usai, berikutnya adalah Lomba Menghias Parsel. Para siswa tampak bersemangat dalam lomba ini. Lomba ini membutuhkan kreativitas, kekompakan, kerja sama, dan komunikasi yang baik di kelas masing-masing. Lomba Menghias Parsel dilaksanakan di kelas masing-masing. Nominal yang digunakan dalam parsel kisaran Rp90.000,00 hingga Rp100.000,00. Nantinya, parsel ini akan disumbangkan ke panti asuhan di sekitar SMPN 14 Kota Malang.

“Menang atau kalah itu urusan belakang dalam Lomba Menghias Parsel ini. Yang penting, niat siswa SMPN 14 Kota Malang dalam menghias parsel ini ditujukan untuk berbagi sesama kepada teman-teman di panti asuhan yang membutuhkan,” papar Ibu Umi Kulsum selaku Kepala Sekolah SMPN 14 Kota Malang.

 

Di tengah-tengah Lomba Menghias Parsel, dilakukan pula Pembagian Zakat Fitrah beserta Infaq kepada siswa yang berhak menerima serta mustahiq yang ada di sekitar sekolah yang bertempat di Musala SMPN 14 Kota Malang. Zakat Fitrah serta infaq yang dibagikan merupakan zakat fitrah, zakat mal, infaq dan sedekah yang berhasil dikumpulkan dari para siswa SMPN 14 Kota Malang yang telah dilakukan sejak awal Ramadhan. Para guru, Pengurus OSIS dan BDI (Badan Dakwah Islam) SMPN 14 Kota Malang ikut serta menjadi panitia dalam acara tersebut, selain juga berkontribusi dalam pengemasan takjil yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar serta pengguna jalan yang melewati depan sekolah menjelang Magrib pada Jumat tersebut Takjil yang dibagikan juga merupakan sumbangan dari warga sekolah, orang tua siswa serta wali murid. Takjil terus berdatangan dari siswa dan wali murid, penerimaan takjil   dibatasi sampai pukul 15.00 WIB.

 

Bingkisan menu buka puasa dibagikan kepada tetangga sekitar sekolah, dan untuk takjil yang jumlahnya lebih dari 200 paket telah terbagi habis sebelum jam 17.00 WIB. Rangkaian acara ditutup dengan buka bersama di sekolah bersama para guru dan panitia acara yang sebelumnya telah melaksanakan salat Maghrib berjemaah di Musala. Terima kasih kepada seluruh warga sekolah, panitia, orang tua siswa serta walimurid yang terlibat dalam rangkaian acara, sumbangan dan dukungannya sehingga kegiatan Ramadhan di SMPN 14 Kota Malang dapat berjalan lancar dan semoga menjadi ladang pahala dan berkah yang melimpah bagi kita semua. Semoga Allah SWT mempertemukan kita kembali pada Ramadhan selanjutnya, Aamiin.