Latepost Dirgahayu Republik Indonesiaku

Membentuk Organisasi Handal Melalui Seleksi Virtual

Selasa, 1 Desember 2020 11:05:10 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

 

 

Eksistensi organisasi siswa intra sekolah atau biasa kita kenal dengan sebutan OSIS sangat penting peranannya. Organisasi ini berperan sebagai jembatan komunikasi ideal antara keperluan pihak sekolah dengan siswa-siswinya. Dalam prakteknya, OSIS merupakan organisasi yang dikelola oleh pembina yang berkolaborasi dengan ketua beserta pengurus inti. Kolaborasi tersebut dipergunakan untuk mewadahi dan mengakomodir aspirasi yang erat kaitannya dengan penanaman nilai luhur dalam bentuk karakter siswa.

    Pada hari ini, Senin 12 Oktober 2020 hingga empat hari ke depan, tepatnya hingga Kamis 15 Oktober 2020. Team panitia OSIS SMP Negeri 14 Malang mengadakan seleksi penerimaan anggota baru dan pemilihan ketua secara virtual. Team panitia yang diketuai oleh Ibu Asri Wahyu Utami, S.Pd. yang dibantu oleh jajaran guru lainnya berkolaborasi dengan Christella Zsa Zsa selaku ketua OSIS yang juga dibantu oleh pengurus inti dalam diri Zidan Firdan, Ayuza, dan beberapa pengurus lainnya. Secara umum, pelaksanaan seleksi ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya saat Christella terpilih menjadi ketua OSIS yang dilakukan secara langsung di sekolah, kali ini berbeda karena pemilihan dan seleksi OSIS dilakukan secara virtual melalui aplikasi google meet.

 

 

 

     Pelaksanaan kegiatan diawali pada hari pertama dan kedua dengan sesi wawancara mengenai materi kepribadian, wawasan kebangsaan, dan keorganisasian. Hari ketiga, tepatnya pada hari Rabu 14 Oktober 2020 agenda seleksi memasuki pada materi tentang seluk-beluk keorganisasian yang tersusun mulai dari Pembukaan yang dilanjutkan dengan materi Kebijakan Sekolah dan Teori Kepemimpinan dengan pemateri Bapak Harianto, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Pembahasan materi selanjutnya dilaksanakan setelah Ishoma (istirahat, sholat, dan makan), materi lanjutan ini berisi tentang Teknik Menyusun Proposal yang dijelaskan secara rinci dan detail oleh Bapak Angga Frendita, S.Pd. yang memang ahli di bidang kepenulisan dan tata aturan berorganisasi. Setelah itu materi Tata Tertib Sekolah yang disampaikan Bapak Suseso, S.Pd. dengan sabar namun penuh ketegasan agar peserta seleksi lebih mampu untuk memahami dan menerapkan tata tertib aturan yang berlaku guna dijadikan teladan bagi siswa lainnya. Selanjutnya, materi  tentang Remaja dan Narkoba yang sangat digemari oleh siswa, hal ini terlihat dari tingginya antusiasme saat berlangsungnya materi. Adapun materi yang disampaikan secara enjoy dan seru ini dibawakan oleh Bapak Rahmad Agung Basuki, S.Pd.

     Memasuki hari keempat, hari paling mendebarkan bagi peserta seleksi OSIS, terlebih bagi yang memiliki keinginan untuk menjadi ketua maupun pengurus inti. Pada hari ini, kegiatan diawali oleh materi tentang Adiwiyata dan Sekolah Hijau yang disampaikan oleh Ibu Siti Mudaiyah, S.Pd. yang dilanjutkan materi Keorganisasian OSIS dan Teknik Membuat Program Kerja OSIS yang dihandle secara langsung oleh Bapak Hariyanto, S.Pd. dengan senang hati dan penuh tanggungjawab. Sat yang ditunggu telah tiba, Bapak Faisol Kusuma, S.Pd. dengan pembawaannya yang humble menyampaikan hasil seleksi terkait Pemilihan Calon/ Kandidat Ketua OSIS periode 2020-2021. Melalui hasil rapat dengan team panitia, Bapak Fa’i (sapaan akrab bagi Bapak Faisol Kusuma) menyampaikan tentang keseluruhan proses dan hasil dalam pembentukan organisasi OSIS. Pada kesimpulan yang disampaikan, terpilih keempat kandidat siswa yang berhak untuk mengajukan diri sebagai ketua OSIS yang terdiri atas Gusti Chandra kelas 8.1, Rina Handayati kelas 8.5, Giska Suci kelas 7.1, dan Naura Athaya dari kelas 7.7. Keempat kandidat calon ketua OSIS ini diberi waktu beberapa hari untuk mempersiapkan Kampanye terkait visi dan misinya untuk mengemban amanah sebagai ketua OSIS.

 

 

   Penutupan rangkaian kegiatan seleksi ini dilaksanakan oleh Bapak Hariyanto, S.Pd. mewakili Bapak Sukarji, M.Pd. selaku Kepala Sekolah. Penutupan yang disampaikan oleh Bapak Jackopen (sapaan akrab Bapak Harianto) berlangsung dengan khidmat, terlebih saat beliau menyampaikan nasihat untuk selalu membatasi keperluan keluar rumah yang dikarenakan pandemi Covid-19. Belajar dan berkreasi harus selalu kita jalankan guna memaknai hari-hari yang kita lewati sembari menanti redanya pandemi sembari menantikan kampanye hasil kreasi dari calon kandidat ketua OSIS. Semoga rangkaian kegiatan ini menghasilkan organisasi handal bagi SMP Negeri 14 Malang meskipun pelaksanaannya terpaksa dilakukan secara virtual. Selamat untuk keempat kandidat calon ketua OSIS, semangat!.

 

Penulis : Hatake Nugroho

Editor: Admin SMPN 14 Malang

 

kirim ke teman | versi cetak

Bagikan Artikel Ini Di

Berita "Berita Terkini" Lainnya