Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Malang
-->

Gerakan Guru Berbagi, Solusi di Kala Pandemi

Senin, 5 Oktober 2020 10:20:55 - oleh : admin
Bagikan Artikel Ini Di

 

 

Pandemi global yang sudah hampir 9 bulan menggerogoti sendi-sendi kehidupan di seluruh dunia memberikan berbagai dampak bagi seluruh warga. Sendi-sendi kehidupan baik ekonomi, sosial, religi, dan pendidikan tidak luput terkena dampak sehingga secara keseluruhan telah diterapkan gaya hidup maupun cara hidup yang baru untuk menyesuaikan keadaan ini. Dalam bidang pendidikan, munculnya pandemi ini memaksa keadaan new normal untuk menyiasati proses belajar-pembelajaran agar tetap terlaksana tanpa harus menempuh resiko terjangkit pandemi. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan mengalihkan kegiatan belajar-mengajar tatap muka dengan kegiatan serupa akan tetapi dilakukan secara virtual atau daring. Lalu, apakah langkah ini efektif diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia? Khususnya di Malang, SMP Negeri 14 Malang?

Terlepas dari pemerataan teknologi di seluruh pelosok Indonesia, kota Malang berada pada kategori yang terjangkau untuk penerapan era baru kegiatan belajar-mengajar. Seluruh kawasan kota Malang yang terjangkau jaringan internet cukup memudahkan guru maupun siswa untuk melaksanakan pembelajaran secara virtual di rumah. Program pemerintah yang membagikan subsidi paket kuota internet bagi pelajar dan mahasiswa juga merupakan salah satu langkah cerdas untuk memudahkan proses pembelajaran. Akan tetapi, masalah baru muncul ketika mengamati pemerataan ekonomi yang masih timpang. Masalah yang timbul salah satunya adalah keterbatasan siswa yang berada di lingkup keluarga pra-sejahtera. Masalah seperti ini sudah dapat dipastikan terjadi di seluruh sekolah di kota Malang, terlebih sekolah yang berada di lingkup ekonomi variatif seperti SMP Negeri 14 Malang yang dapat diartikan tidak semuanya mampu memngikuti kelas virtual sebagai solusi pembelajaran di era baru tanggap pandemi.

Keadaan ekonomi keluarga besar SMP Negeri 14 Malang dapat dikatakan tidak semuanya berada di taraf keluarga sejahtera, dengan artian terdapat sebagaian keluarga yang masih belum beranjak dari taraf hidup pra-sejahtera. Menyiasati masalah ini, seluruh warga sekolah yang bernaung di dalam nama keluarga besar SMP Negeri 14 Malang, meliputi guru, karyawan, hingga pihak pengurus paguyuban sekolah berinisiatif membuat langkah untuk menggalang bantuan bagi sisw ayang terhambat mengikuti kelas virtual yang disebabkan oleh keterbatasan sarana pembelajaran (smartphone). Program sosial bernama guru berbagi yang awalnya digagas oleh team guru BK, dalam hal dikomandoi oleh Bapak Suhartono. Beliau membentuk bagian-bagian kelompok untuk mengembang tugas pendataan siswa pra-sejahtera yang dikoordinator oleh Ibu Lilik Mufidah, Ibu Marshinta, dan Bapak Rachmad Agung. Team dari mapel BK ini berkoordinasi dengan seluruh wali kelas baik dari jenjang kelas 7, 8, dan 9 untuk mendapatkan data yang valid guna pendistribusian tepat sasaran.

Pembentukan program sosial guru berbagi yang digagas oleh Bapak Suhartono telah terlaksana dengan baik baik dari segi pendataan dan tingkat hambatan siswa pra-sejahtera agar lebih mudah mengikuti kelas virtual. Program yang telah dicetus ini selanjutnya disempurnakan oleh Ibu Mardiani selaku koordinator pengumpulan Smartphone sebagai alat bantu yang akan didistribusikan oleh team guru BK. Sumbangsih dari beberapa guru, karyawan, hingga pengurus paguyuban tidak dapat dipandang sebelah mata karena tingginya antusiasme untuk menggalang amal kebaikan untuk peduli sesama. Program guru berbagi dalam pelaksanaannya telah mendistribusikan berupa smartphone bekas layak pakai bagi siswa yang membutuhkan (sesuai pendataan yang telah dilaksanakan). Dengan bantuan dari program guru berbagi, diharapkan pembelajaran di era new normal ini dapat diikuti oleh seluruh generasi hebat yang sedang menimba ilmu di SMP Negeri 14 Malang.

 

Artikel : Hatake Anggoro

Editor : Admin SMPN 14 Malang

 

kirim ke teman | versi cetak

Bagikan Artikel Ini Di

Berita "Berita Terkini" Lainnya